Friday, April 12, 2013

Pengaruh Sistem Demokrasi Parlementer dan Terpimpin Terhadap Kehidupan Ekonomi dan Politik


Bab I
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang
            Setiap Negara pasti memiliki sistem pemerintahannya masing-masing untuk mengatur kepentingan Negara tersebut. Sistem pemerintahan adalah sistem yang dimiliki oleh suatu Negara dalam mengatur pemerintahannya. Sistem pemerintahan harus dibuat dengan baik sehingga dapat mengatur dan mengelola pemerintahannya dengan baik. Sistem pemerintahan tentunya sangat berpengaruh, entah menjadi semakin baik ataupun buruk, dalam bidang-bidang tertentu. Salah satunya adalah bidang politik dan ekonomi. Indonesia sekarang telah menganut sistem pemerintahan demokrasi pancasila. Sebelumnya, ada dua jenis sistem pemerintahan yang pernah digunakan oleh Indonesia yaitu sistem pemerintahan demokrasi parlementer dan demokrasi terpimpin.
            Demokrasi Parlementer adalah sebuah sistem  pemerintahan dimana parlemen memiliki peranan penting dalam pemerintahan. Pada masa demokrasi parlementer ada tujuh kabinet yang pernah memerintah. Semua kabinet tersebut dapat dikatakan gagal karena kelompok-kelompok oposisi sehingga timbul konflik dalam proses perumusan kebijakan Negara.
            Demokrasi Terpimpin adalah sistem demokrasi dimana seluruh keputusan serta pemikiran berpusat kepada pemimpin Negara. Pada masa inilah UUDS 1950 diganti menjadi UUD 1945 kembali akibat dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959. Dekrit tesebut dikeluarkan karena kegagalan konstituante untuk membuat UUD yang baru di 3 tahun masa kinerjanya. Di masa ini juga, terdapat keterlibatan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang berusaha untuk merebut kekuasaan di Indonesia. Inflasi juga terjadi di masa ini.
            Dalam makalah kali ini, penulis ingin mencoba menemukan pengaruh-pengaruh apa saja yang timbul dalam sistem pemerintahan demokrasi parlementer dan demokrasi terpimpin khususnya dalam bidang politik dan ekonomi. Tentunya setiap sistem pemerintahan memiliki kelebihan serta kekurangannya.

1.2. Rumusan Masalah
            Rumusan masalah yang ingin penulis angkat dari makalah kali ini diantaranya adalah :
1. Apa pengaruh sistem demokrasi parlementer terhadap kehidupan politik dan ekonomi di Indonesia?
2. Apa pengaruh sistem demokrasi terpimpin terhadap kehidupan politik dan ekonomi di Indonesia?
3. Apakah sistem demokrasi terpimpin lebih baik dari pada sistem demokrasi parlementer terhadap kehidupan politik dan ekonomi di Indonesia?


1.3. Tujuan
            Tujuan kami membuat makalah ini yaitu untuk mengetahui pengaruh sistem pemerintahan demokrasi parlementer dan demokrasi terpimpin terhadap kehidupan politik dan ekonomi di Indonesia dan mengetahui sistem pemerintahan yang mana yang lebih berhasil dalam membawa Indonesia ke arah kemajuan.


1.4. Manfaat
            Beberapa manfaat yang dapat pembaca ambil yaitu :
1. Dapat memberikan informasi kepada pembaca semua tentang demokrasi parlementer dan demokrasi terpimpin.
2. Dapat memberikan gambaran serta perbandingan dan perbedaan antara demokrasi parlementer dan demokrasi terpimpin.


0 comments:

back to top